Cara Mudah BerWirausaha Ayam Kampung

Cara Mudah BerWirausaha Ayam Kampung
Mempersembahkan, inilah tips dan juga cara mudah berwirausaha ayam kampung, salah satu jenis usaha yang memiliki prosfek cukup cerah dan juga memiliki potensi keuntungan yang lumayan banyak, dan bisa dijadikan tambahan penghasilan kita sehari-hari.

Pada kenyataanya, untuk sekarang ini  sebuah peluang bisnis usaha di bidang ternak ayam kampung telah menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup banyak di gemari dan juga sangat di minati oleh banyak orang, mungkin dikarenakan jika ayam kampung cenderung akan lebih tahan terhadap cuaca dan juga relatif lebih tahan terhadap berbagai penyakit yang biasa di alami oleh ayam.

Lalu, faktor-fakor apa saja sih yang telah menjadikan peluang bisnis wirausaha ayam kampung begitu di minati oleh banyak orang?,  mungkin faktor yang pertama adalah, di karenakan oleh semakin tingginya animo masyarakat di Indonesia akan kebutuhan terhadap daging ayam dari waktu ke waktu.

Faktor lain yang mungkin juga telah menjadikan peluang usaha yang satu ini begitu di minati adalah, proses menjalankannya yang tidak terlalu sulit (relatif mudah untuk di jalankan), dan mungkin juga yang jika di lihat dari segi permodalan yang relatif mudah di jangkau oleh semua kalangan.

Jadi, tidaklah begitu mengherankan jika sekarang ini begitu banyak orang  yang mulai melirik bisnis wirausaha ayam kampung, dan juga segera memulai menjalankan ataupun juga segera membuka wirausaha beternak ayam kampung tersebut.

Lalu langkah apa saja yang sekiranya memang penting untuk kita cermati atau kita analisa sebelum memulai membuka wirausaha ayam kampung ini?, tentunya dengan kita bisa mencermati dan juga pandai dalam menganalisa sebuah usaha yang akan kita jalankan, pastinya akan sangat bisa memberikan manfaat bagi kita untuk dapat lebih memahami secara lebih mendalam apa saja yang harus kita lakukan langkah demi langkah dalam menjalankan usaha ternak ayam kampung ini.

Tentunya juga kita akan bisa lebih meminimalisir dari tingkat resiko kerugian yang kemungkinan akan kita alami nantinya.

Kiat-Kiat Untuk Memulai Ber-Wirausaha Ayam Kampung:

Langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum kita memulai menjalankan usaha ternak ayam kampung adalah, dengan lebih dulu mencari ataupun menggali sedalam-dalamnya informasi yang tentunya sangat berkaitan dengan sebuah usaha di bidang beternak ayam dari berbagai sumber, contohnya informasi yang banyak tersedia dari sebuah layanan internet.

Anda juga bisa mendapatkan informasi dari sebuah buku yang khusus mengulas dan juga mengupas secara tuntas tentang bagaimana kiat dan juga cara-cara menjalankan usaha ternak ayam kampung.

Anda juga bisa mengikuti pelatihan secara langsung atau dengan mengikuti sebuah kursus yang mungkin telah di sediakan oleh sebuah komunitas  para peternak ayam kampung yang mungkin saja ada di sekitar kita.

Untuk langkah selanjutnya yang harus kita tentukan adalah sebuah tempat ataupun lokasi usaha yang di anggap cukup strategis dan tentunya juga tidak mengganggu terhadap lingkungan di sekitar kita nantinya.

Proses pembuatan kandang nantinya harus di sesuaikan dengan jumlah dari banyaknya ayam yang akan kita ternak, sebaiknya untuk mengawali usaha ini hendaknya kita gunakan bahan-bahan untuk pembuatan kandang yang sekiranya tidak terlalu mahal namun kuat, contohnya seperti bambu, karena harga bambu bisa relatif lebih murah namun memiliki kekuatan yang lumayan.

Mampu Membaca Para Calon Konsumen:

Untuk konsumen dari daging ayam tentunya sudah sangat banyak sekali tentunya, bahkan hampir dari semua kalangan membutuhkan akan konsumsi daging ayam, baik itu kalangan menengah kebawah maupun sebaliknya.

Apalagi jika di tambah dengan adanya moment-moment pesta hajatan, tentunya akan sangat membutuhkan stok daging ayam yang sangat banyak. Selain itu, kita juga bisa menjualnya ke warung-warung makan atau juga bahkan restoran-restoran yang berada di sekitar kita, atau jika kita ingin menjualnya dengan partai besar kita bisa menjualnya langsung ke para bandar-bandar ayam yang kemungkinan besar mereka akan bersedia membeli ayam dalam jumlah yang besar.

Jadi intinya kita memang harus pandai-pandai membaca atau melihat pasar para calon konsumen yang akan membeli hasil dari wirausaha ayam kampung yan kita jalankan.

Analisa Modal Untuk Wirausaha Ayam:

Tentunya besar kecilnya modal akan di sesuaikan dengan tingkat kemampuan kita masing-masing, ada yang kecil dan juga tentunya yang cenderung lebih besar.

Analisa di bawah ini hanya sekedar untuk contoh dan juga bahan perbandingan saja. Jikapun ada kurang atau lebihnya akan sanga di sesuaikan dengan kondisi keuangan kita masing-masing tentunya.
  • Pembuatan kandang : Rp 3.000.000  
  • Peralatan ternak (alat makan dan minum, terpal, pemanas) :  Rp 1.750.000
  • Jumlah : Rp 4.750.000                                             
  • Biaya untuk produksi satu bulan (1000 ekor ayam):
  • Untuk pakan ayam : Rp 500.000
  • Viamin : Rp 500.000
  • Upah kerja untuk satu orang : Rp 650.000
  • Lain-lain : Rp 2.000.000
  • Jumlah : Rp 3.650.000 

Demikianlah artikel mengenai cara mudah berwirausaha ayam kampung, semoga bermanfaat.                              

0 Comments:

Post a Comment